Home Khazanah Islam Safari Ramadhan MUI Kota Jakarta Timur 1445 Hijriyah, MUI Jaktim Berbagi & Melayani Ummat..

Safari Ramadhan MUI Kota Jakarta Timur 1445 Hijriyah, MUI Jaktim Berbagi & Melayani Ummat..

127
0
SHARE
Safari Ramadhan MUI Kota Jakarta Timur 1445 Hijriyah, MUI Jaktim Berbagi & Melayani Ummat..

Keterangan Gambar : Safari Ramadhan MUI Kota Jakarta Timur 1445 Hijriyah

JAKARTA - PJMINews.com - Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah dan ampunan. Ramadhan juga  bulan yang sangat baik untuk bersedekah. Memberi atau membagi ‎sedikit rezeki yang kita miliki kepada yang membutuhkan akan membawa hidup ke ‎dalam keberkahan.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Jakarta Timur yang dipimpin oleh Dr. KH. Didi Supandi, LC, MA, secara inisiasi menggelar Safari Ramadan di 10 Kecamatan se-Jakarta Timur. MUI Jaktim Berbagi berupa aksi kepedulian terhadap 2000-3000an anak yatim dan dhu'afa dengan memberikan takjil, makanan berbuka, sembako dan uang santunan untuk anak yatim yang tersebar di 10 (Sepuluh) Kecamatan di wilayah Jakarta Timur. 

Tahun 2024 ini merupakan tahun keempat MUI Jakarta Timur menyelenggarakan acara Safari Ramadan, MUI Jaktim Berbagi pada tahun keempat ini berkolaborasi dengan seluruh MUI Kecamatan dan dibantu dengan MUI tingkat kelurahan di Jakarta Timur. Dr. KH. Didi Supandi menyampaikan "hal ini lebih memaksimalkan dan memberikan kepercayaan penuh kepada MUI Kecamatan dalam pelaksanaan kegiatan tersebut dalam pemilihan tempat, lokasi, dan para perima manfaat seperti anak yatim dan dhuafa dan tentunya agar peran Ulama di tingkat kota, kecamatan sampai akar rumput dapat dirasakan oleh ummat.

Sabtu, (06/04), titik kegiatan ini berada di wilayah kecamatan Jatinegara yang berlokasi di Masjid Jami Al-Ikhlas, rumah susun Cipinang Besar Selatan. Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Dr. KH. Didi Supandi, LC, MA, Ketua Umum MUI Kota  Jakarta Timur, Dr. KH. Muslikun Ihsan, Ust. H. Ahmad Ridwan, SE, ME, KH. Akmal Shidieq, SQ, Ketua MUI Kec. Jatinegara, KH. Fuad, Ketua DMI Kec. Jatinegara, para pengurus MUI Kecamatan Jatinegara, Koord MUI kelurahan se-kecamatan Jatinegara, Pejabat kepolisian Polsek Metro Jatinegara. 

Dalam tausiyahnya, Dr. KH. Didi Supandi, LC, MA mengatakan bahwa Islam menjujung tinggi nilai kasih terhadap sesama makhluk ciptaan Allah, tidak hanya kepada sesama manusia, terhadap makhluk Allah lainnya seperti binatang pun kita tidak boleh menyakiti. Terhadap anjing yang Allah haramkan dagingnya untuk dimakan, tidak dibenarkan bagi kita untuk menyakiti binatang tersebut. Terhadap hewan halal yang kita sembelih harus menggunakan pisau yang setajamnya agar proses sebelihannya. Sebab, jika pisaunya tumpul akan sulit memutus urat nafasnya sehingga bakal menyakiti hewan tersebut.

Kegiatan Safari Ramadhan MUI Jakarta Timur tersebut diakhiri dengan pemberian Santunan kepada 100 (seratus) orang anak yatim dan 50 (lima puluh) orang Dhu'afa yg tersebar di wilayah Kecamatan Jatinegara. Suasana haru biru mewarnai prosesi kegiatan tersebut. 

"Seluruh kegiatan Safari Ramadan di 10 Kecamatan ini murni dari anggaran pribadi Kyai Didi Supandi & Ustadzah Hj. Ida Farida, kita berdoa beliau dan keluarga besarnya selalu meraih keberkahan dari Allah SWT. Aamiin ya Robbal Alamiin." Ucap Ust. H. Ahmad Ridwan, SE, ME, dalam sambutannya sebagai pengurus MUI kota Jakarta Timur.